GELOMBANG

B. GELOMBANG 

Energi getaran akan merambat dalam bentuk gelombang. Berdasarkan energinya, gelombang dibagi dua yaitu: gelombang mekanis dan gelombang elektromagnetik.


Gelombang mekanis memerlukan medium dalam perambatannya. Gelombang elektromagnetik tidak memerlukan medium dalam perambatannya.


Sedangkan berdasarkan arah rambat dan getarannya, gelombang dibagi dua yaitu: gelombang transversal dan gelombang longitudinal.


Perhatikan gambar dibawah ini, gambar pertama adalah transversal dan yang kedua adalah longitudinal:



Suatu getaran dikatakan melalui satu gelombang apabila melalui satu bukit dan satu lembah (perhatikan gambar pertama, “b” disebut bukit dan “d” disebut lembah)

Sekarang kita berhitung masuk rumus-rumus, hubungan antara periode gelombang, frekuensi, cepat rambat, dan panjang gelombang .


Karena gelombang menempuh jarak satu panjang gelombang (λ, dibaca lambda) dalam waktu satu periode (T), maka kecepatan gelombang dapat ditulis :


v = λ/T atau v = f x λ


Keterangan:


v = cepat rambat gelombang

λ = panjang gelombang

T = periode

f = frekuensi


sumber: https://www.medianekita.com/edukasi/22410598874/dilengkapi-contoh-rangkuman-materi-ipa-kelas-8-smpmts-kurikulum-merdeka-bab-4-getaran-gelombang-dan-cahaya?page=4

Komentar